Olimpiade Sains Nasional 2025 Bidang Informatika

Informasi Silabus Peraturan
Peserta Provinsi
Open Contest Open Contest Results

Perbedaan dengan Silabus OSN 2024 ditandai dengan warna merah.


Pedoman

Pedoman pelaksanaan OSN 2025 dapat dilihat di sini.


Materi

Mengacu pada silabus IOI 2025 dengan berbagai penyesuaian.

  1. Dasar-dasar Pemrograman
    • Sintaks dan semantik dasar dari bahasa yang diperbolehkan pada OSN yang bersangkutan
    • Variabel, tipe data, ekspresi, dan assignment
    • Masukan dan keluaran dasar
    • Percabangan dan perulangan
    • Fungsi dan parameter
  2. Operasi Logika dan Bitwise
    • Operator logika dasar (konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, disjungsi eksklusif)
    • Tabel kebenaran
    • Modus Ponens dan modus Tollens
  3. Aritmetika
    • Bilangan bulat, operasi (termasuk perpangkatan), perbandingan
    • Sifat-sifat bilangan bulat (tanda, paritas, keterbagian)
    • Operasi-operasi modular dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian)
    • Perpangkatan modular
    • Bilangan prima
    • Bilangan pecahan, persentase
    • Teori bilangan
    • Teori himpunan
  4. Aturan Berhitung
    • Aturan penjumlahan dan perkalian
    • Barisan aritmetika dan geometri
    • Bilangan Fibonacci
    • Permutasi dan kombinasi
    • Probabilitas
    • Pigeonhole principle
    • Prinsip inklusi dan eksklusi
    • Segitiga Pascal, teorema binomial
  5. Rekursi
    • Konsep rekursi
    • Fungsi matematis rekursi
    • Prosedur rekursi sederhana
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking
  6. Pencarian dan Pengurutan
    • Linear search
    • Binary search
    • Bubble sort, insertion sort
    • Quicksort, merge sort, heapsort
  7. Strategi Pemecahan Masalah
    • Brute-force
    • Greedy
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking (rekursif dan bukan rekursif) Complete search (brute-force dan strategi pruning)
    • Dynamic programming
  8. Struktur Data
    • Tipe data primitif (boolean, integer, character, floating point numbers)
    • Array (termasuk multidimensi)
    • String dan operasinya
    • Stack dan queue
    • Binary heap
    • Disjoint set
    • Segment tree (point update range query) Point Update, Range Query (misalnya menggunakan Fenwick tree atau Segment tree)
  9. Graf dan Tree
    • Tree dasar (termasuk rooted tree)
    • Graf berarah dan graf tak berarah
    • Graf berbobot dan graf tak berbobot
    • Representasi graf (adjacency list, adjacency matrix, edge list)
    • Penjelajahan graf (BFS, DFS, keterhubungan)
    • Shortest path (algoritma Dijkstra, algoritma Bellman-Ford, algoritma Floyd-Warshall)
    • Minimum spanning tree (algoritma Prim, algoritma Kruskal)
  10. Geometri Dasar
    • Garis, segmen garis, sudut
    • Segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran
    • Titik, koordinat pada bidang Kartesius 2 dimensi
    • Jarak Euclidean
    • Teorema Pythagoras
    • Definisi Convex hull (algoritma Graham scan, algoritma Monotone chain)