Kompetisi Sains Nasional 2021 Bidang Informatika

Informasi Silabus Peraturan
Hasil Peserta Hasil Provinsi
Open Contest Open Contest Results

Perbedaan dengan Silabus KSN 2020 ditandai dengan warna merah.


Mengacu pada silabus IOI 2021 dengan berbagai penyesuaian.

  1. Dasar-dasar Pemrograman
    • Sintaks dan semantik dasar dari bahasa yang diperbolehkan pada OSN yang bersangkutan
    • Variabel, tipe data, ekspresi, dan assignment
    • Masukan dan keluaran dasar
    • Percabangan dan perulangan
    • Fungsi dan parameter
  2. Operasi Logika dan Bitwise
    • Operator logika dasar (konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, disjungsi eksklusif)
    • Tabel kebenaran
    • Modus Ponens dan modus Tollens
  3. Aritmetika
    • Bilangan bulat, operasi (termasuk perpangkatan), perbandingan
    • Sifat-sifat bilangan bulat (tanda, paritas, keterbagian)
    • Operasi-operasi modular dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian)
    • Perpangkatan modular
    • Bilangan prima
    • Bilangan pecahan, persentase
    • Teori bilangan
    • Teori himpunan
  4. Aturan Berhitung
    • Aturan penjumlahan dan perkalian
    • Barisan aritmetika dan geometri
    • Bilangan Fibonacci
    • Permutasi dan kombinasi
    • Probabilitas
    • Pigeonhole principle
    • Prinsip inklusi dan eksklusi
    • Segitiga Pascal, teorema binomial
  5. Rekursi
    • Konsep rekursi
    • Fungsi matematis rekursi
    • Prosedur rekursi sederhana
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking
  6. Pencarian dan Pengurutan
    • Linear search
    • Binary search
    • Bubble sort, insertion sort
    • Quicksort, merge sort, heapsort
  7. Strategi Pemecahan Masalah
    • Brute-force
    • Greedy
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking (rekursif dan bukan rekursif)
    • Dynamic programming
  8. Struktur Data
    • Tipe data primitif (boolean, integer, character, floating point numbers)
    • Array (termasuk multidimensi)
    • String dan operasinya
    • Stack dan queue
    • Binary heap
    • Disjoint set
    • Segment tree (point update range query)
  9. Graf dan Tree
    • Tree dasar (termasuk rooted tree)
    • Graf berarah dan graf tak berarah
    • Graf berbobot dan graf tak berbobot
    • Representasi graf (adjacency List, adjacency matrix, edge list)
    • Penjelajahan graf (BFS, DFS, keterhubungan)
    • Shortest path (algoritma Dijkstra, algoritma Bellman-Ford, algoritma Floyd-Warshall)
    • Minimum spanning tree (algoritma Jarník-Prim, algoritma Kruskal)
  10. Geometri Dasar
    • Garis, segmen garis, sudut
    • Segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran
    • Titik, koordinat pada bidang Kartesius 2 dimensi
    • Jarak Euclidean
    • Teorema Pythagoras
    • Convex Hull (algoritma Graham scan, algoritma Monotone chain)